Dasar Jaringan Komputer

Dasar Jaringan Komputer
1.       Definisi Jaringan
Jaringan adalah dua atau lebih computer yang saling terhubung sehingga dapat berkomunikasi satu sama lain atau bisa membagi data dan sumber sumber peralatan lain.

2.       Sharing Resource
-          Data : Pertukaran informasi (Graphics, Voice, Video, Data, etc)
-          Software : Aplikasi-aplikasi
-          Hardware : Printer, Scaner, Fax, Modem, dan peralatan hardware yang lain.

3.       Rancangan Jaringan
-          LAN ( Loca Area Network) : terkumpulnya beberapa host (Komputer) dalam satu jaringan local, Contoh : Jaringan pada Office, Campus etc

-          MAN ( Metropolitan Area Network) : Terkumpulnya beberapa LAN dalam satu jaringan, Contoh Head Office dengan kantor cabang nya.
-          WAN (Wide Area Network) : Terkumpulnya beberapa MAN dalam satu jaringan, Contoh ISP (Internet Service Provider).

4.       Type Jaringan
-          Peer to peer : Adalah type dengan antara computer dengan kompter saling terhubung, salah satunya ada yang menjadi client dan server.


-          Client Server : Adalah type dengan dimana ada computer yang khusus yang dijadikan server dengan memiliki performa yang tinggi, prosesor yang cepet dan memory yang tinggi, dan dimana control jaringan dilakukkan secara terpusat.


-          Hybrid : Adalah kombinasi anatara peer to peer dan clien server.

5.       Topologi Jaringan
-          Topologi Bus : Pada topologi bus semua computer terhubang pada satu kabel yang menjadi kabel utama,biasa nya menggunakan kabel coaxial. Gambar dibawah adalah gambar dari topologi bus.

-          Topologi Ring : Pada topologi ring computer terhubung dengan computer secara berputar dari computer pertama hingga computer terakhir dan kembali lagi ke computer pertama. Berikut adalah gambar dari topologi ring.
-          Topologi Star : Pada topologi ini computer membentuk seperti sebuah bintang dan semua computer terhubung pada hub atau switch menggunkan kabel UTP. Berikut gambar dari topologi star.

-          Topologi Mesh : Pada topologi mesh semua computer terhbung dengan semua perangkat yang  ada, jadi sebuah computer memliki link ke semua computer. Gambar berikut adalah gambar dari topologi mesh.

-          Topologi Tree : Topologi ini adalah gabungan dari beberapa topologi star dan topologi bus, jadi semua computer dengan topologi star akan terhubung dengan computer pada topologi star yang lain menggunakan topologi bus. Berikut contoh dari topologi tree.




6.       Komponen Komponen Jaringan
-          NIC ( Network Interface Card) : Hubungan fisik antara device dengan jaringan, dan suka dikenal juga sebagai network adapter.
-          Network Medium : Sebagai penghubung anatara device yang satu dengan device yang lainnya, bisa berupa wireline ataupun wireless sebagai media nya.
-          NOS ( Network Operating System) : Menghubungkan secara bersama anatar device dan peripheral, mengkoordinasikan semua fungsi device dan peripheral dalam suatu jaringan.

7.       Protokol Jaringan
Protokal jaringan adalah kumpulan aturan untuk komunikasi dan berrfungsi untuk mengatur pertukaran informasi pada jaringan. Contoh dari protocol adalah TCP/IP untuk Internet, IPX/SPX untuk Novell, NetBEUI untuk Microsoft, UDP, SNMP, SMTP, etc.

8.       Teknologi transmissi
-          Analog : Sinyal komunikasi berupa gelombang sinusoida, contoh gelombang radio.
-          Digital : Sinyal komunikasi berupa gelombang squere, contoh telephone jalur digital.
-          Packet Switching : Kumpulan banyak link untuk menghubungkan sender dan receiver.

9.       Contoh layanan media komunikasi
-          Telepon PSTN
-          Leased Line
-          TV Cable
-          Internet

No comments:

Post a Comment