Alokasi IP Public dan IP Private

Alokasi IP Public dan IP Private

1.       IP Public
IP Public adalah sebuah alamat IP address yang ditugaskan untuk setiap computer yang terhubung dengan internet dan dimana setiap IP address adalah unik. Maka tidak akan bisa dua computer memliki IP address yang sama dalam seluruh internet. Skema pengalamatan memungkinkan untuk computer menemukan satu sama lain dan melakukan pertukan informasi. Pengguna tidak memeliki control terhadap IP public yang diberikan ke computer. IP address public ditugaskan untuk computer oleh Internet Service Provider secara langsung setelah computer terhubung dengan gateway internet.
                Sebuah IP address public dapat berupa statis atau dinamis, sebuah IP address static tidak dapat berubah dan digunakan untuk hosting halaman web atau layanan internet. Di sisi lain sebuah alamat IP public yang dinamis dipilih dari sebuah pool yang tersedia pada alamat dan perubahan masing masing terjadi satu kali untuk menghubungkan ke internet. Sebagian besar pengguna internet hanya akan memiliki IP dinamis yang bertugas untuk setiap computer, kerika terjadi disconnected atau jaringan terputus apabila menghubungkannya kembali maka akan mendapat IP baru.


2.       IP Private
Sebuah IP address dianggapa pribadi jika nomor IP termasuk pada salah satu rentang alamat IP untuk jaringan pribadi seperti Local Area Network (LAN), Internet Assigned Numbers Authority (IANA) telah mereservd tiga blok berikut ruang IP address Private untuk jaringan Local.
                Kelas A : 10.0.0.0 – 10.255.255.255 (total address 16.777.216)
                Kelas B : 172.16.0.0 – 172.31.255.255 (total address 1.048.576)
                Kelas C : 192.168.0.0 – 192. 168.255.255 (total address 65,536)
IP address Private yang digunkan untuk computer dalam jaringan pribadi termasuk rumah sekolah dan LAN bisnis di bandara dan hotel yang memungkinkan computer berada dalam satu jaringan. Katakanlah jika jaringan A terdiri dari 10 komputer masing masing dapat diberikan IP mulai dari 192.168.1.1 ke 192.168.1.10 . berbeda dengan IP public, administrator jaringan pribadi bebas untuk menentukan alamat IP dari piliahannya sendiri.
Perangkat dengan IP private tidak dapat langsung terhubung dengan internet. Demikian juga computer diluar jaringan local tidak dapat langsung terhubung dengan IP pribadi, hal ini memumngkinakan untuk menghubungkan dua jaringan dengan bantuan router atau perangkat lain yang Network Address Translation (NAT).
Jika jaringan pribadi yang terhubung ke internet menggunkan ISP maka setiap computer akan memiliki IP swasta maupun IP public, IP address private digunakan dalam jaringan dimana IP public digunakan untuk komunikasi melalui internet. Kebanyakan pengguna internet dengan koneksi DSL / ADSL akan memiliki IP public.

Kita dapat mengetahui IP private kita dengan memasukan command “ ipconfig “ pada command prompt. Jumlah yang kita lihat terhadap IPv4 adalah IP pribadi kita yang dalam banyak contoh adalah 192.168.1.1 atau 192.168.1.2  . berbeda dengan IP public swasta IP address yang selalu statis dan alami. Tidak seperti apa yang kebanyakan orang anggap, IP private bukan suatu yang mustahil untuk melacak seperti nomor telephone swasta atau yang dicadangkan untuk penggunaan stealth internet. Pada kenyataanya tidak ada IP address public yang tidak mungkin untuk dilacak karena protocol itu sendiri dirancang untuk area transparasi.

1 comment:

  1. Slots with jackpots at casino with jackpots - MJHKR
    Jackpot slots machines have an 서울특별 출장샵 unlimited 제주도 출장마사지 number of jackpots 안양 출장마사지 that can be 밀양 출장안마 stacked 광주 출장샵 and ready to be bet on for big wins!

    ReplyDelete