OSI Layer



OSI Layer ( Open System Interconection) ditahun 1987 ISO (International Standard Organization) mengeluarkan solusi untuk memberikan standar kompabilitas jaringan jaringan sehingga tidak membatasi komunikasi antar produk maupun teknologi dan vendor yang berbeda. Dan faktanya OSI merupakan referensi yang telah digunakan mereka dan disederhanakan / dipersempit menjadi TCP/IP model yang akan kita bicarakan lebih lanjut. Berikut gambaran dari OSI Layer.

Layer 7
Application
Telnet, FTP, HTTP, SMTP, SNMP, SSH
Layer 6
Presentation
ASCII, HTML, JPG
Layer 5
Session
SQL, NFS, RPC
Layer 4
Transport
TCP, UDP, SPX
Layer 3
Network
IP Address
Layer 2
Data Link
MAC Address
Layer 1
Phisycal
UTP RJ45, RJ11, RJ48


7. Application
Application adalah layer yang mendefinisikan pelayanan komunikasi jaringan dalam bentuk applikasi seperti : Telnet, SSH, FTP, HTTP, SNMP, SNMP.

6. Presentation
Presentation adalah layer yang mendefinisikan format data seperti ASCII, HTML, JPG dan lainnya yang dikirimkan ke jaringan yang dapat dimanipulasi sehingga bisa dimengerti oleh penerima, contohnya ketika kita menerima email tapi tidak bisa tampil secara maksimal, itu disebabkan ada format data yang tidak dikenali, hal ini merupakan kegagalan dari layer presentasi.

5. Session
Session adalah layer yang mendefinisikan bagaimana memulai control dan menghentikan sebuah conversesion antar device, contohnya ketika kita mengambil uang di mesin ATM dari masukan pin hingga dengan mengambil uang yang keluar dari mesin ATM tersebut, yang sebelumnya mesin berkomunikasi dengan server terebih dahulu tentang saldo rekening kita dan jumlah yang kita minta, dalam session kita bisa menjumpai SQL, NFS, RPC, dan lain lainnya.

4. Transport
Transport adalah layer yang mendefinisikan management dari virtul circuit antar host dalam jaringan yang mengandung rangkaian protocol dan permasalahan transportasi data. Dilayer ini mengatur arus koneksi dan pengendalian error dalam proses pengiriman paket data seperti TCP, UDP, SPX.

3. Network
Network adalah layer yang mendefinisikan akhir pengiriman paket data dimana computer mendefinisikan logical address seperti IP address bagaimana meneruskan paket atau membuang paket. Pada layer ini juga mendifinisikan fragmentasi dari sebuah paket dengan ukuran unit yang lebih kecil, router adalah device yang tepat untuk mencontohkan dari definisi layer ini.

2. Data Link
Data Link adalah layer yang menspesifikan pada bagaimana paket data didistribusikan / ditransfer data melalui media particular, atau yang lebih kita kenal biasa disebut seperti hub, switch.

1.Phisycal Layer adalah layer terendah ini mendefinisikan media fisik dari transmissi paket data dimana protocol digunakan sperti Ethernet pinout (RJ45,RJ11) kita bisa definisikan bahwan layer ini adalah kabel dan konektorya.

·         Untuk Contoh kehidupan sehari hari ketika kita menerima email.

-          Layer 7, Kita menggunakan Microsoft Outlook yang mempunyai fungs SMTP, dan POP3
-          Layer 6, Kita mengirim email dengan format ASCII atau HTML.
-          Layer 5, Kita menggunkan email harus menginstal OS terlebih dahulu untuk membuka sesi komunikasi jaringan.
-          Layer 4, OS membuka SMTP dengan sebuah TCP socket kemudian protocol terbuka untuk menerima data dari email server.
-          Layer 3, Komputer mencari IP address dari SMTP server dengan melihat routing table yang diberikan OS router jika tidak ditemukan akan memberikan pesan.
-          Layer 2, Paket data dari IP address dikirimkan oleh Ethernet.
-          Layer 1, mengubah paket data menjadi signal elektrik yang ditransformasilkan pada kabel UTP.



No comments:

Post a Comment